Arabic Korean Japanese Chinese Simplified English French German Spain Italian
Browser Support

COLECTION PHOTO

colek

ADAM BROW

BELAJAR DI DUNIA MAYA seperti DUNIA DA DITANGAN KITA belajarlah di blog ni. slamat mencoba

Jumat, 22 Januari 2010

MENGENAL DELPHI

Pengenalan Delphi

Pasti sebagian besar orang sudah tau apa itu Deplhi? Untuk yang belum tau saya bahas disini semampu saya saja ya..... Apa Anda tau kalau belajar program itu sangat mengasyikan? Kita bisa mengasah logika kita disini. Delphi merupakan salah satu software pembuat program basic. Seperti apa itu Delphi? Untuk tampilan icon luarnya seperti ini.


Kali ini saya akan memperkenalkan seperti apa itu delphi bagian-bagiannya dan selanjutnya saya akan membuat sebuah contoh program dasar menggunakan Delphi.
Cara masuk ke program Delphi sangat mudah pertama apabila kita sudah memiliki software nya kita langsung double klik saja iconnya, kemudian Delphi akan memunculkan gambar seperti ini

Gambar diatas saat loading membuka program Delphi. Disini saya memakai contoh Borland Delphi 7.
Delphi sudah terbuka tampilannya seperti ini

Ini adalah baris Menu

Ini adalah Toolbar

Ini adalah Componen Palette

Ini adalah Jendela Object Tree View

Ini adalah Jendela Object inspector

Ini adalah Jendela Form

Untuk mulai membuat program dasar kita bisa langsung ke Menu File - New - Other


Klik sekali akan memunculkan jendela New Item seperti ini

Kita pilih yang Console Application, double klik atau pilih lalu tekan OK

Akan memunculkan Project untuk menuliskan program seperti ini. Disini tempat kita menuliskan perintah-perintah yang selanjutnya akan dijalankaan oleh komputer atau kita sebut sebagai program. Di dalamnya terdapat program, uses, begin, dan end. Untuk pembuatan program yang lebih rinci akan ada tambahan lain seperti var, type, procedure, function. Namun sebagai dasar kita memahami cara kerja suatu program dulu.

Untuk di sebelah tulisan program itu adalah nama program yang akan kita buat misalnya sebagai contoh kita tulis coba, jadi namanya adalah program coba.

Suatu program itu terdiri dari Input, Proses, dan Output. Programer yang baik akan menuliskan programnya berdasarkan Input, Proses, dan output secara berurutan tidak acak-acakan.
Di dalam program Delphi ada perintah-perintah dasar seperti write, readln, writeln, juga perintah-perintah lain yang akan saya bahas dalam postingan selanjutnya.
write adalah perintah untuk menuliskan input
readln adalah perintah untuk membaca input
writeln adalah perintah untuk mencetak hasil atau disebut juga keluaran
Contoh program sangat sederhana seperti ini

setiap perintah diakhiri dengan tanda ; atau (titik koma*)
cara menjalankan program dengan menekan F9 pada keyboard, lalu akan tampil seperti ini apabila tidak ada kesalahan dalam menuliskan program

terlihat ada perintah untuk memasukkan nama disitu. Inilah kiranya pengenalan dasar mengenai Delphi. Untuk pembahasan mengenai Delphi selanjutnya akan dibahas dalam postingan saya yang akan datang hohohohoho............

diposkan oleh ADAM ABRAHAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP